Sabtu, 28 April 2012

Khasiat Tumbuhan Sirsak


 
Khasiat daun sirsak dapat menyembuhkan penyakit kanker berawal dari tahun 90-an yang berasal dari suku-suku Tribes di Amazon, Amerika. Biasanya daun sirsak digunakan sebagai jamu tradisional dalam menyembuhkan beberapa penyakit dan seharusnya daun sirsak ini telah dijadikan obat seperti kapsul, kaplet, pil atau sirup. Sayangnya, para ahli farmasi tidak mau membuat obat tersebut dikarenakan pohon sirsak sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar rumah. Dengan demikian, setiap kali membutuhkan
tinggal petik dan dikonsumsi langsung sebagai jamu. Itulah sebabnya ahli farmasi tidak tertarik membuat obat yang bahan utamanya menggunakan daun sirsak karena mereka takut obat-obatan yang mereka jual tidak laku. Akibatnya, mereka merahasiakan manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan kesembuhan penyakit. 

Cara membuat obat penyakit kanker dengan daun sirsak sangat mudah. Cukup ambil kira-kira 20 lembar daun sirsak kemudian rebuslah daun ini dengan air sebanyak 5 gelas. Sisakan air rebusan daun sirsak tersebut menjadi 3 gelas. Minumlah air rebusan daun sirsak ini 3 gelas sehari. Sebagai langkah pencegahan agar kita tetap sehat, daun sirsak juga sangat baik. Selain berguna untuk mengobati penyakit kanker, daun sirsak juga dapat mengobati sakit pinggang. Caranya, Ambil 20 lembar daun sirsak, direbus dengan air kira-kira lima gelas sampai mendidih hingga tinggal tiga gelas, dan minum 1 kali sehari tiga perempat gelas.

Manfaat lain daun sirsak adalah dapat digunakan untuk mengobati bisul. Caranya, ambil daun sirsak yang masih muda jangan terlalu tua, lalu tempelkan di bagian tubuh yang terkena bisul. Masih ada lagi manfaat daun sirsak, yaitu dapat mengobati Eksim dan Rematik. Caranya daun sirsak ditumbuk hingga halus kemudian tempelkan di bagian yang sakit.

Selain daunnya, buah sirsak juga berkhasiat untuk klik disini. Kandungan zat gizi terbanyak dalam buah sirsak adalah karbohidrat, yaitu sekitar 68% dari seluruh bagian padat daging buahnya. Salah satu jenis karbohidrat yang terkandung dalam buah sirsak adalah pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9-93,6% dari kandungan gula total. Sementara kandungan gula lainnya berupa sukrosa 2,54%, dekstrosa 5,05%, dan levulosa 0,04%. Selain itu sirsak juga mengandung berbagai vitamin, yaitu: vitamin A, B, dan C. Vitamin utama yang terkandung dlaam buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg/100 g daging buah. Buah sirsak juga  kaya vitamin  B dengan  kadar 0,07 mg/100 g daging buah.

                     Dr. Adji Suranto, Sp.A dalam Dahsyatnya SIRSAK tumpas penyakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar