Sabtu, 28 April 2012

Khasiat Tumbuhan Pepaya

 
Hai teman-teman, tentunya kalian sudah mengenal buah ini,buah ini sangat sering kita jumpai dalam pekarangan rumah kita, atau di supermarket. Tentunya buah ini memiliki banyak khasiat, dimana terdapat kandungan kimia pada daunnya berupa enzim papain, alcohol karpaina, pseudokarpaina, glikosid, karposid, saponin, sakarosa, dekstrosa, levulosa. Alkaloid karpaina mempunyai efek seperti digitalis.
Bagian yang digunakan pada tumbuhan ini sangat banyak, mulai dari daun (Caricae Folium), buah, biji, akar,
dan getah juga dapat berkhasiat sebagai obat. Sifat dan khasiat dari tumbuhan ini adalah menambah nafsu makan dan peluruh haid.
Indikasi dari tumbuhan ini dapat mengobati penyakit kanker, dan juga digunakan untuk cacing kremi, demam, malaria, beri-beri, disentri amuba, ASI tidak lancer, kaki gajah (elephantiasis), serta nafsu makan.
Cara memanfaatkan tumbuhan ini adalah sebagai berikut:
1). Daun segar 30-60 g direbus dalam air secukupnya hingga tersisa 1/3-nya, kemudian air tersebut diminum, dan lakukanlah tiap hari.
2. Dapat diracik dengan ¼ genggam daun ceremai muda, ½ daun papaya muda dipilah, 1/3 genggam daun bayam merah, 2 jari wortel, dan ¼ genggam belimbing yang dicuci bersih lalu dipipiskan. Ramuan ini diremas dengan 1 ½ gelas air masak dan 3 sendok makan madu murni, lalu diperas dan disaring. Hasil saringan diminum 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Sumber: dr. Setiawan Dalimartha, dalam Ramuan Tradisional Untuk Pengobatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar