Sabtu, 28 April 2012

Khasiat Tumbuhan Mahkota Dewa

 
Mahkota Dewa atau yang bernama latin Phaleria macrocarpa dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia. Tanaman mahkota dewa berasal dari daratan Papua (Irian Jaya). Tanaman mahkota dewa seringkali ditanam di kebun atau di pekarangan sebagai tanaman hias atau sebagai tanaman peneduh. Tanaman mahkota dewa tumbuh tegak, tingginya mencapai 1-2,5 m dan batangnya berbentuk bulat, dengan permukaan kasar dan berwarna coklat. Mempunyai getah dan percabangannya simpodial.
Daun mahkota dewa termasuk daun tunggal dengan letaknya berhadapan dan bertangkai pendek. Helaian daunnya berbentuk lanset atau jorong dengan ujung dan pangkalnya runcing dan tepi daun rata, tulang daun menyirip, permukaan daun licin dan berwarna hijau.
Tanaman ini berbunga sepanjang tahun dan bunganya terletak menyeluruh pada batang atau pada ketiak daun. Bunganya berbentuk tabung dan berukuran kecil, warnanya putih dan berbau harum. Sedangkan buahnya memiliki diameter 3-5 cm dengan permukaan licin dan beralur. Pada waktu muda, buahnya berwarna hujau, sedangkan sudah tua buahnya berwarna putih, berserat dan berair. Bijinya bulat keras berwarna coklat.
Tanaman ini banyak ditanam karena memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah batang, daun dan buah. Batangnya dapat mengobati kanker. Sedangkan daunnya dapat mengobati lemah syahwat, disentri, alergi  dan tumor.
Kandungan kimia yang terdapat pada buah mahkota dewa adalah sebagai berikut.
  • Alkaloid, yang bersifat deksifikasi dan dapat menetralisir racun di dalam tubuh
  • Saponin, yang bermanfaat sebagai sumber antibakteri dan antivirus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi penggumpalan darah
  • Flavonoida yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, mengurangi risiko penyakit jantung koroner, mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, antiinflamasi (antiradang), sebagai antioksidan, membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi perdarahan atau pembengkakan.
  • Polyfenol, berfungsi sebagai antihistamin (antialergi). Selama ini daun dan buah mahkota dewa dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai obat penyakit kulit, gatal-gatal dan eksim. Penyakit tersebut ditandai dengan gejala gatal-gatal, pertanda adanya alergi terhadap agen tertentu yang mendorong sel-sel tubuh mengeluarkan histamin. 
Khasiat lain dari mahkota dewa yaitu sebagai obat alami kanker, obat diabelets mellitus, obat sakit jantung, obat hipertensi dan obat lemah syahwat.
Cara pemakaian mahkota dewa yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional diuraikan di bawah ini.

Mengobati kanker yang parah
Bahan yang diperlukan: 1 sendok teh ramuan racik mahkota dewa dan 1 sendok teh kunyit putih instan. Cara meracik
Ramuan racik mahkota dewa direbus dalam 3 gelas air sampai mendidih hingga airnya tersisa setenga bagian. Lalu tambahkan kunyit putih, aduk sampai merata. Cara pemakaian: Ramuan ini diminum 3 kali sehari.
Mengobati penyakit diabetes mellitus
Bahan yang diperlukan: 3-5 potong teh racik mahkota dewa dan 3 lembar daun salam.
Cara meracik:  Teh racikan mahkota dewa direbus dalam 3 gelas air bersama daun salam hingga airnya tersisa setengah bagian
Cara pemakaian: Ramuan ini diminum 3 kali sehari sampai seminggu sekali
Disentri
Cara pertama
Bahan yang diperlukan: Kira-kira 15 gr kulit buah mahkota dewa yang sudah dikeringkan.
Cara meracik: Bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Angkat dan dinginkan kemudian disaring.  
Cara pemakaian: Air rebusannya diminum 2-3 kali sehari sampai sembuh
Cara kedua
Bahan yang diperlukan: 50 gr kulit segar buah mahkota dewa
Cara meracik:  Bahan tersebut dicuci hingga bersih, lalu direbus dengan 400 ml air sampai mendidih. Setelah dingin disaring.
Cara pemakaian: Air rebusannya diminum sekaligus 2-3 kali sehari sampai sembuh.
Gatal-gatal dan eksim
Bahan yang diperlukan: Beberapa daun mahkota dewa yang masih segar
Cara meracik: Bahan tersebut digiling sampai halus. 

Cara pemakaian: Hasil gilingan tadi ditempelkan pada bagian yang sakit kemudian dibalut. Balutannya diganti 2-3 kali sehari. Lakukan sampai sembuh.
Psoriasis (Penyakit kulit kering)
Bahan yang diperlukan: 3 buah mahkota dewa yang sudah masak dan segar. Cara meracik: Buah mahkota dewa dibuang bijinya lalu diiris tipis-tipis dan dijemur hingga kering. Rebuslah buah mahkota dewa yang sudah dikeringkan dengan 1 liter air hingga airnya tersisa 1/4. Setelah dingin, disaring. Cara pemakaian: Air rebusan tadi diminum 2 kali, masing-masing separuhnya.
Perhatian:
Lebih baik dalam mengkonsumsi minuman herbal ini, sesuai dengan dosis pemakaian. Tetapi jika timbul gejala keracunan dosis pemakaiannya dapat diturunkan atau dihentikan penggunaannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar