Sabtu, 28 April 2012

Khasiat Tumbuhan Bunga Matahari

 
Bunga matahari merupakan tanaman hias yang dapat  tumbuh di tempat yang cukup mendapat sinar matahari.Kandungan kimia yang terdapat didalamnya bunga: berupa quercimeritrin; helianthoside A, B, C; oleanolic acid; echinocystic acid. Pada biji kandungan kimianya berupa beta sitosterol; prostaglandin E; chlorogenic acid; quinic acid; phytin; 3,4-benzopyrene. Bagian yang dapat digunakan pada tumbuhan ini adalah sumsum dari batang dan dasar bunga (Helianthi
Caulis et Receptaculum). Sifat dan khasiat yang dimilikinya berupa rasa lembut dan manis. Bermanfaat untuk energi vital, menenangkan hati, peluruh kencing, dan menghilangkan nyeri sewaktu kencing.
Indikasi dari tumbuhan bunga matahari dapat mengobati kanker esophagus dan lambung, penyakit trofoblas ganas (maligmant mole), dan kerioepitelioma. Selain itu tumbuhan ini dapat digunakan untuk mengobati nyeri lambung dan nyeri sewaktu kencing (disuria). Dasar bunga (receptacle) juga digunakan untuk hipertensi dan abses payudara, sedangkan sumsum dari batang  (pith of the stem) untuk mengobati kencing yang menetes dan nyeri (stranguria) akibat batu saluran kencing, kencing berdarah dan kencing berlemak (chyluria).
Cara memanfaatkan tumbuhan ini terdapat pada sumsum (bagian dalam) dari batang sebanyak 15-30 g atau dasar bunga sebanyak 30-90 g direbus dengan gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Air rebusan lalu disaring dan diminum.

Sumber: dr. Setiawan Dalimartha, dalam Ramuan Tradisional Untuk Pengobatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar