Sabtu, 28 April 2012

Khasiat Tumbuhan Mengkudu

 
Mengkudu merupakan salah satu tanaman yang bisa tumbuh pada daerah dataran rendah. Manfaat mengkudu sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh kita. Buah mengkudu atau dalam bahasa jawa disebut buah pace berbentuk seperti telur ayam, lonjong dan berbiji. Selain digunakan untuk bahan obat, mengkudu juga bisa dikonsumsi langsung. Mengkudu yang sudah tua biasanya berwarna putih kekuningan dan ini biasanya sering dibuat rujak. Jika buah mengkudu masak warnanya jadi putih dan dagingnya lunak dan
banyak mengandung air, dan bau mengkudu masak ini seperti keju yang sudah busuk. Untuk dapat lebih jelasnya kalian dapat melihat buah mengkudu pada gambar disamping.

Pengobatan tradisional alami dengan menggunakan buah mengkudu sangat baik. Mengkudu memiliki kandungan gizi yang lengkap dengan zat nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain buahnya, daunnya pun bermanfaat untuk dibuat sayuran. Daun mengkudu banyak mengandung Vitamin A yang bagus untuk kesehatan. Mengkudu atau pace selain mempunyai kandungan zat nutrisi juga mengandung zat anti bakteri, terpenoid, zat anti kanker, scolopetin, xeronine proxeronine.


Kandugan zat anti bakteri pada mengkudu bermanfaat untuk mematikan bakteri penyebab infeksi seperti bacillus subtilis, protens morganii dan lain-lain. Selain itu zat anti bakteri yang terkandung dalam buah pace ini berfungsi untuk mengontrol bakteri phatogen atau bakteri yang mematikan seperti halnya scotmuelleri. 
Kandungan terpenoid dalam mengkudu berfungsi sebagai zat pemulihan sel-sel tubuh dan membantu proses sintesis organic. Sedangkan kandungan zat anti kanker yang ada dalam mengkudu ini berfungsi dan efektif untuk melawan sel-sel abnormal. Dan kandungan scolopetin berfungsi sebagai unsur anti peradangan dan anti alergi dan zat xeronine proxeronine berfungsi sebagai pembentuk (precursor) xeronina alias prexonine dalam jumlah besar yang diserap oleh sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif dan  sebagai pengatur struktur bentuk sel yang aktif.

Khasiat mengkudu ini dipersembahkan Tips cantik untuk anda yang ingin tetap cantik dan sehat. Mengobati penyakit tidak harus dengan bahan kimia karena alam telah memberikan semua untuk kita. Kitalah yang harus kreatif mencari manfaat buah dan sayuran di sekitar kita. Manfaat mengkudu merupakan salah satu cara sehat yang harus kita coba.


 Sumber:     http://www.sehatcantika.com/2012/04/manfaat-buah-mengkudu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar